Love what you do, do what you love

gambar dari koleksitempodoeloe.blogspot.com

gambar dari koleksitempodoeloe.blogspot.com

Dari awal lulus kuliah, saya sudah memutuskan untuk cari kerja yang settle, yang aman dari pemecatan walau gajinya tidak besar, yang penting bisa menghasilkan. Walau katanya rejeki orang pasti ada aja, saya tetap gak berani jadi job hopper. Saya takut nganggur, dan menurut saya jurusan kuliah yang saya ambil gak terlalu populer, jadi kalo dapet kerjaan ya udah, mending disitu aja sampe gak tau kapan. Kalau niatnya begitu sih, berarti yang paling cocok kerja jadi PNS atau BUMN, ya..

Memang ada aja jalan yang ditentukan Tuhan, begitu lulus kuliah saya diterima di Museum Bank Mandiri sebagai PR sekaligus penerjemah Bahasa Belanda. Waktu masih kuliah, saya sudah sering ikut tour sejarah, salah satunya ke Kota Tua. Ditambah seringnya saya bersentuhan dengan dunia sastra, budaya dan sejarah, kecintaan saya terhadap museum dan cerita di baliknya jadi besar sekali. Makanya saya rela-rela saja kerja jauh dari rumah (ya lebay deh, rumah saya di Warung Buncit, museumnya di Kota Jakarta Barat) dan kerja di lingkungan yang gersang dan panasnya bikin kulit gosong. Padahal cuma jadi karyawan tapi ngarep juga bisa diangkat jadi karyawan Mandiri yang handle museumnya. Alhamdulillah bener, butuh 2 tahun sampai akhirnya jadi karyawan tetap Bank Mandiri.

Tapi ada yang ganjel, saya gak dipekerjakan sepenuhnya untuk ngurusin segala hal yang berhubungan sama Museum Bank Mandiri. Saya masuk di bagian pengadaan, awalnya sih seneng karna belajar hal yang baru, tapi lama-lama koq ngerasa gak nyaman karna berasa dipisah paksa sama kerjaan nerjemahin teks bahasa belanda di museum. Ditambah saya diperbantukan untuk ngurus lelang di unit kerja lain. Duh, gak nyamannya pol!

Akhirnya di tahun 2013 saya terima kabar ada lembaga negara yang buka lowongan CPNS untuk penerjemah bahasa Belanda. Gak pake mikir lama, saya langsung daftar. Kebetulan lembaga ini juga punya museum, jadi saya pikir pas sama background master bidang museum studies yang saya punya. Alhamdulillah lagi, jalannya memang harus kerja di lembaga itu. Seneng banget karna bakal kerja dengan job desc yang bener-bener saya suka dan deket banget dari rumah jadi ga harus ketemu sama macetnya jalanan Jakarta. Akhirnya saya pun pindah walau pake sedih juga ninggalin Mandiri.

Saya mulai kerja di bulan Maret, jadi masih dalam masa orientasi magang sampai setahun kedepan. Kerjaannya juga gak melulu nerjemahin arsip bahasa Belanda, tapi paling nggak saya masuk ke lembaga yang pasti bikin saya berkutat terus sama dunia sejarah. Dan the best part, saya bener-bener gak harus ngerasa nggak nyaman lagi…

4 thoughts on “Love what you do, do what you love

Leave a Reply

