History Detective

Sejak tanggal 10 Agustus kemarin saya mulai masuk karantina program Pendidikan dan Pelatihan Teknis Dasar Kearsipan di Bogor. Saya udah cerita sedikit soal sedihnya harus ninggalin Ditmar buat ikut diklat ini, tapi, yaaah… Demi masa depan yang lebih baik, walaupun tetep aja sampe hari kedua masih aja mewek tiap nelpon ke rumah.

Anyway.. Diklat ini ditujukan khusus buat Calon PNS Arsip nasional RI. Saya dan 33 teman lainnya bakal digembleng supaya jago dan pinter dalam bidang Kearsipan dasar. paling gak, walaupun gak yang jadi pinter buanget di bidang kearsipan, minimal kita-kita gak pake gagap kalo ditanya soal arsip, deh. Buat saya dan beberapa temen yang background pendidikannya bukan dari bidang kearsipan, rasanya beraaaaaaaaaaat banget ngikutin materinya. Ya iyalah, wong kita juga baru tau soal arsip pas masuk ke ANRi, kan..

Asrama cewe. Jauh lebih bagus dan nyaman daripada PPMKP tempat Diklat prajab..

Asrama cewe. Jauh lebih bagus dan nyaman daripada PPMKP tempat Diklat prajab..

Tapi ada beberapa hal yang bikin saya makin tertarik dengan ilmu di balik penciptaan dan pengelolaan arsip. Misalnya, gimana arsip yang diciptain di setiap kantor itu bisa jadi arsip statis yang berarti punya nilai sejarah yang bisa jadi salah satu bukti sejarah. Trus gimana arsip-arsip Belanda jaman VOC itu bisa bikin kita tau kalo sebenernya Belanda gak selalu bikin kerusakan dan kesengsaraan di Indonesia. kalo boleh bilang, dengan mendalami arsip, saya berubah profesi dari penerjemah jadi Detektif Sejarah… Jadi berasa macem Lara Croft gitu… *Lah, Lara Croft kan tukang nyolong!!!* Yang jelas, saya pikir orang Indonesia emang kurang sadar sama pentingnya arsip. 

Well, I can’t say much yet. Masih ada 8 hari lagi saya ikut diklat ini. Nanti kalau saya udah lebih pinter n punya waktu luang lebih banyak, saya tulis deh hal-hal yang lebih menarik dari arsip. Tot schrijft!

2 thoughts on “History Detective

    • ribetnya sih karna emang ga biasa ngurus arsip statis (bersejarah) ya.. kalo arsip nasional sih kerjanya mulai dari jadi lembaga pembina kearsipan nasional, jadi segala macem bentuk penciptaan dan pengolahan arsip ya arsip nasional yang ngatur. Trus akuisisi arsip (pengumpulan arsip dari lembaga-lembaga pemerintahan/bumn/swasta dan dinilai apakah masih punya nilai kesejarahan bangsa atau boleh musnah), trus preservasi (perawatan arsip sampe repro arsip bersejarah), pengolahan arsip (ngasih deskripsi, ngasih nomor inventaris dll dsb) dan pemanfaatan arsip (akses arsip buat masyarakat),
      Kalo mau tau lebih lanjut coba deh main-main ke ampera, gedung arsip nasional tiap hari kerja jam 9-4 sore.. Nanti aku tunjukin gimana caranya jadi detektif 😀

Leave a Reply

