Kapok Belanja

Ngomongin soal belanja online emang gak pernah ada habisnya, saya pernah baca dan sempet comment di postingan American & Indonesian Blog soal review toko online di Indonesia. Saya malah rekomen satu website online shop khusus perlengkapan bayi: http://www.rajasusu.com. Saya udah jadi pelanggan situs ini sekitar tiga bulanan, sejauh itu sih gak pernah ada masalah. Cuma baru kemarin saya mengalami kesulitan yang nyebelin banget sama situs ini. Saya post tulisan ini bukan untuk menjelek-jelekan situs ini, tapi saya cuma mau cerita pengalaman membeli dari situs ini.

Jadi hari kamis kemarin (27 November 2014) saya pesen diapers ukuran paling besar dan sedang dengan total harga plus ongkir Rp. 308.000,-. Saya pesen emang agak malem, sekitar jam 10an. Trus saya langsung transfer dan konfirmasi pembayaran. Emang salah saya juga gak ngecek email notification dari situs ini, tapi karna saya pikir di website-nya aja konfirmasi pembayaran udah diterima, ya saya percaya aja. Biasanya kalo saya pesen malem, besok sorenya udah sampe tuh barang, tapi sampe Jumat sore pun gak ada kurir rajasusu.com yang dateng. Saya pikir, mungkin saya mesen barangnya terlalu larut dan mungkin bakal dateng hari Senin, karena weekend gak ada pengiriman.

Etapi hari Senin pun gak kunjung dateng tuh barang. Baru Selasa sore setelah saya liat persediaan diapers Ditmar udah ampir habis, baru saya telpon. Saat saya telpon di nomor 565-2231, udah dijawabnya jutek, dilempar lagi ke bagian pengiriman. Setelah saya telpon ke 90208333, yang dijawab juga dengan nada nyolot, ternyata pesenan saya gak tercatat. Apa-apaan nih???!!!

Saya ngotot kalo saya udah melakukan pembayaran dan konfirmasi, Customer Service-nya gak kalah ngotot kalo pesenan saya gak ada. Akhirnya lama-lama setelah dia tau kalo saya melakukan pemesanan hari Kamis malam, dia baru bilang: “Oh, kalo hari Jumat emang internet kami error, Bu. Jadi gak ada catetan pemesanan sama sekali.” Ya tapi kan saya pesen hari Kamis. Gimana banget sih, ya? Trus lama-lama dia ngalah dan bilang: “Ya udah, Bu. Ibu pesennya apa? Nanti kita kirimin, deh”. Saya lalu nyebutin apa pesenan saya, dan selanjutnya yang bikin naik pitam bin marah adalah: “Kalo diapers isi 52-nya kosong, Bu. Adanya isi 36. Ibu mau sisanya di-refund? Ato semuanya aja deh Bu di-refund?”

Ngeselin. Kan saya emang butuh itu diapers, enak banget ini website cuci tangan gitu aja.

Karena pas banget adzan maghrib dan Ditmar udah manggil-manggil, saya akhirnya ngalah dan bilang saya pesen aja yang ukuran sedang isi 36 2 buah, tapi dia bilang: “Bu, totalnya kalo beli itu aja baru 240.000, ibu tambah dikit dong.  Tissue basah gitu biar bisa dikirim karena minimal 250.000 baru bisa dikirim.” Hadeeeeeh… Saya akhirnya bilang nambah susu 800gram, tapi kembali ada halangan lagi: “Bu, kalo nambah susu 800gram berarti Ibu kurang Rp. 39.000,- lagi.”

Ini say abener-bener udah males banget, ya. Akhirnya daripada jantungan gara-gara tensi naik, saya bilang: “Harusnya saya minta ganti rugi dari rajasusu karena kesalahan sistem, kok malah saya disuruh nambah lagi! Ya udah, saya transfer tapi tolong besok barang saya dikirim secepatnya.” Udah baek banget gitu, ada lagi alesan lain: “Kalo barangnya gak sampe besok, berarti lusa ya, Bu. Soalnya pengiriman kita lagi penuh.”

SUKA-SUKA LO AJA DEH, MBA!!!! Bukannya udah ada kesalahan sistem (yang nota bene karena sistem itu dibikin sama manusia, jadi otomatis ya yang salah manusia juga, laaaaaaaaah) trus saya diprioritasin, ini malah gak ada effort sama sekali biar pelanggannya puas.

Lesson learned: Ada harga, ada rupa. Emang website ini nawarin harga murah dan pelayanannya sebelum ini bagus, tapi mending saya belanja di tempat lain aja mulai sekarang.

7 thoughts on “Kapok Belanja

  1. wow masa si mey?
    aku juga langganan disana, dan alhamdulilah bgt sampe sekarang masih sangat memuaskan pelayanannya
    duh mudah2an cuma kebetulan dirimu lagi apes aja dpt CS yg jutek itu 😦
    padahal abis ini mau beli pempers juga loh..

Leave a Reply

