beware of the paperclips

Fiuh.. setelah lama gak nge-post apa-apa, sekarang saya mau bakar-bakaran ajah.. Bukan, saya gak mau bakar kantor atau apapun yang aneh-aneh. Tapi saya mau ngomongin soal pembakaran kertas yang diakibatkan sama paperclip. Paperclip? Gimana caranya paperclip bisa bakar kertas?

Jadi awal tahun ini saya dimutasi pindah ke bagian pengolahan arsip statis dari jaman Hindia Belanda, dan disini saya punya tugas untuk deskripsi sekitar 7000an arsip berbahasa belanda dari tahun 1800an. Masalah kertas yang udah berdebu dan bau sih bukan masalah buat saya, ya paling cuma bikin jerawat deh satu-dua biji di pipi n dagu, tapi ada lagi yang bikin masalah lebih parah. Yaitu saya harus menyingkirkan seluruh paperclip yang masih nempel di arsip itu karna kalo gak disingkirin, akan merusak kertas dan isi dari arsip tersebut.

Jadi paperclip yang dipake jaman Belanda itu terbuat dari logam yang memungkinkan untuk mengalami korosi. Dalam bahasa sehari-hari korosi dikenal dengan pengkaratan yakni sesuatu yang hampir dianggap sebagai musuh umum masyarakat. Karat adalah sebutan bagi korosi pada besi, padahal korosi merupakan gejala destruktif yang mempengaruhi hampir semua logam. Besi adalah salah satu dari banyak jenis logam yang mengalami korosi, tidak perrlu diingkari bahwa logam itu paling awal menimbulkan korosi serius.  Karena itu tidak mengherankan bila istilah korosi dan karat hampir dianggap sama. (http://mindberryel.blogspot.com/2012/04/laporan-praktikum-korosi.html). Nah, kalo didalam urusan arsip, paperclip ini bisa sampe ngebakar arsip. Coba liat aja di featured image yang saya kasih, bener-bener kayak kebakar, kan?

Nah, maka dari itu, lebih baik kalo memang kita punya dokumen, pake aja paperclip dari bahan kuningan, ato paperclip warna warni yang dilapis plastik. Akan lebih aman daripada pake paperclip yang logam biasa tanpa lapisan dan akan melindungi dokumen kita lebih aman… 🙂

4 thoughts on “beware of the paperclips

    • aku sih taunya bisa bikin karat kalo liat dokumen ibuku dari tahun 60an, tapi gak tau kalo bisa sampe ngebakar kertas segitunya, mba.. Huhuhuhuhu…

      etapi, kata seniorku disini, paperclip yang warna-warni itu juga harus diganti kalo udah mulai robek plastiknya. Masalahnya di Indonesia humidity-nya bener-bener bikin cepet karat juga, mba.. ribet, yee..

Leave a Reply

