Natural Potty Training

Setelah pindah kerja, saya jadi lebih suka itung-itungan pengeluaran. Since di tempat yang baru saya gak dapet bonus tahunan buat biaya liburan, jadi saya musti nabung kalo mau liburan tiap tahun. Salah satu post pengeluaran yang paling besar itu ada dua: Diapers dan Tagihan listrik. Tagihan listrik sih gak mungkin dikurangi, tapi kalo diapers pasti  bisa.

Saya juga udah mikir sih, Ditmar udah 3 tahun lebih, udah waktunya potty training dan belajar pipis n pup di toilet. Tapi ya emang dasar emak males, proses ngajarin lepas diapers pun cuma wacana belaka. Abis males bingung kalo Ditmar tiba-tiba pipis tanpa peringatan, kan anaknya juga baru banget diajarin buat kasih warning sebelum pipis, maunya sih instan Ditmar langsung bisa bilang kalo mau pipis, tapi ya kan gak mungkiiin…

Tapi beberapa hari ini saya seneng banget, karna tiba-tiba Ditmar gak mau pake diapers lagi. Tiap disodorin buat pake diaper nolak bahkan sampe teriak. Saya pikir apa karna dia makin besar dan diapersnya terlalu ketat ato gimana. Pake celana dalem juga gak mau, maunya cuma pake celana panjang ato pendek ajah. Tapi sempet juga pikiran jelek hinggap, saya jadi keingetan soal anak TK JIS yang kena sexual abuse di sekolahnya. Tapi saya positif thinking ajah, anak saya cuma ga nyaman karna diapersnya udah kekecilan (walo saya juga maksa meriksa intimate organ Ditmar juga, sih. Just to make sure he’s fine). Ajaibnya, selama beberapa hari nolak pake diapers, Ditmar cuma pipis di celana 3 kali. Sisanya dia bilang: “Mau pipis.” jadi saya bisa buru-buru bawa Ditmar ke toilet buat pipis. HOERAH!!!!! Saya seneng banget!!!! Emang deh anak emak pinteeer… *narsis* Tapi kalo malem saya pakein diapers juga sih, saya makeinnya juga pas Ditmar udah tidur nyenyak, soalnya kalo pas lagi sadar, dia nolak. Biar Ditmar tidurnya nyenyak juga gituuu.. (Padahal sih emang males aja kalo kasur kena ompol :p)

Efek dari Ditmar gak mau pake diapers adalah, pas saya belanja groceries, saya cuma ambil diapers sekantong yang isi 24 ajah! Dan harganya cuma seperempat dari pengeluaran bulanan buat diapers sebelumnya. Gimana gak mau joget-joget di supermarket, kaaaan…

PR sekarang cuma ngebiasain Ditmar buat pake celana dalem aja sebelum pake celana panjang ato pendek. Sama mudah-mudahan di sekolahnya juga Ditmar bisa ngasih tau tante pengajarnya kalo mau pipis. Oh, gak lupa juga gimana caranya supaya Ditmar bisa pup di kloset. Soalnya sampe sekarang Ditmar blom pup juga. Whosaaaah.. Gini deh salah satu kasus lika-liku jadi emak-emak.. Heheheh…

7 thoughts on “Natural Potty Training

  1. Semangat! Semoga lancar potty trainingnya. Emang awal-awal suka degdegan sih pas lepas diaper. Usahakan malem juga lepas, tapi sebelum tidur brainwash dulu kalo mau pipis harus bangun. Hihihi.

Leave a Reply

