Happy Birthday, Ditmar!

Nah, setelah sekian lama gak nulis, sekarang saya mau langsung nulis yang agak panjang. Beneran bakal panjang niii.. jadi siap-siap, yaaa…

Jadi Ditmar per tanggal 28 Juli 2015 kemaren ulang tahun yang ke-4! Horeeee… Happy birthday, My Baby Boy! Seneng banget karna setelah nambah umur, kemampuan kognitif dan motorik Ditmar juga ikut banyak nambah banyak perkembangannya. Ditmar udah bisa diajak ngomong, kalo ditanya udah bisa jawab dan udah bisa juga protes n nolak. Pergaulan dengan temen sebayanya aja nih yang masih harus diperhatiin, pasalnya kalo sama temen sebayanya, Ditmar cenderung kasar n malah suka nyubitin orang. Gak enak bener deh sama ibu-ibu anak-anak yang disakitin Ditmar, tapi mudah-mudahan mereka bisa mengerti, yaa…

Anyway, buat ulang tahun Ditmar tahun ini sengaja dirayain agak rame, karna tanggal ultahnya jatoh pas sekolah udah mulai masuk. Kalo taun lalu kan gak dirayain di sekolah karna lagi libur, malah pas banget jatoh di hari lebaran pertama. Makanya saya juga udah mulai repot browsing apa aja yang musti disiapin buat ultahnya.

  1. Tempat perayaan: Jelas di sekolahnya, Erlass School.
  2. Jumlah undangan: 24 anak temen sekelas Ditmar. Sorry buat anak-anak tetangga di rumah, bukannya somse nih ga ngundang-ngundang, tapi kan sekolahnya steril dari orang luar juga. Mau ngerayain dua kali, apa daya budget udah keburu abis buat lebaraaan.. *alesaaaaan terus..*
  3. Tema: Ini juga lumayan ngabisin waktu banyak, padahal sepele bener sik… Tadinya mau tema Avengers, tapi boro-boro Ditmar seneng, tau aja nggak. Trus tema Cars, udah bosen kayaknya dia. Jadi apa, ya? Ditmar lagi gak punya kesukaan spesifik, kalo pun yang biasa dia minta paling cuma nonton channel ZooMoo di TV, jadi saya akhirnya saya putuskan temanya animal aja, deh..
  4. Desain undangan dan thank you note: Ini yang parah bener. Jadi saya minta tolong temen kantor yang biasa bikin desain, tapi yang saya minta cuma bikin thank you note aja, undangannya lupa minta dirancang juga. Jadi saya nyoba cari-cari editable n printable birthday invitation di internet, akhirnya saya pilih undangan disini. Lumayan karna sesuai sama tema animal.
  5. Kue ulang tahun: Tadinya mau pesen pake fondant/icing sugar biar bisa dibentuk ato digambar sesuai tema, cuma saya sendiri ga gitu sreg kalo ngasih Ditmar makanan yang pake icing sugar, karna terlalu manis buat anak seumuran itu, jadi maunya beli ice cream cake aja. Tadinya mau beli di Harvest aja, tapi pas balik dari rumah mertua, saya liat toko kue Daniqa Cakes yang udah dari dulu pengen saya samperin. Akhirnya setelah buka websitenya, saya dapet inspirasi buat pesen kue pake butter cream aja. Setelah browsing contoh cake yang saya mau, akhirnya saya deal sama toko itu dan dapet harga Rp. 450.000,- aja buat kue ukuran 22cm. Ga usah gede-gede ukuran kuenya, karna bakal ada side dish lain. Buat side dish, saya pilih jajanan pasar yang kids friendly, pie buah dan cheese ball. Beli di Daniqa Cakes juga, dan ternyata ukurannya emang besar, sesuai lah sama harganya.Kue ulang tahun diambil pagi-pagi sebelum ke sekolah Ditmar, dan hasilnya sesuai sama gambar pesenan saya. Puas sekali. Setelah dipotong pun rasanya ueeeenaaaak banget.
  6. Goodie bag: ini sih yang paling nyita waktu dan pikiran. Saya sih maunya beli sesuatu yang berguna buat anak-anak, tapi kalo liat budget agak susah juga. Akhirnya setelah browsing dan itung-itungan perkiraan harga via internet, saya ke Pasar Asemka buat nyari goodie bag. Dari dulu saya udah sering ke Pasar Asemka, secara letaknya ada di belakang Museum Bank Mandiri perciiiisss, jadi saya udah tau mau nyari di toko yang mana. Yang saya lupa adalah waktu buka pasar ini. Namanya kan Pasar Pagi Asemka, jadi it supposed to be jam 6 pagi juga udah buka, tapi ternyata baru pada buka jam 8-an. Saya sama Hubby kecele bener nih, soalnya kami berangkat aja dari rumah jam setengah tujuh udah buru-buru banget, eh ternyata pada belom buka. Untung Hubby baek, disogok lontong sayur dia pun gak ngambek lagi. (eh, lontong sayurnya yang bayar juga dia, sih… Istri gak modal emang :p). Saya akhirnya beli wadah kotak yang bisa buat jadi tempat sampah ato simpen stationary, mau nambah celengan sih sebenernya, tapi apa daya budget udah mevet bener. Sayangnya wadah ini gak ada yang khusus gambar animal ajah, jadi terpaksa beli yang ada ajah. Ambil yang gambarnya bisa dikasih ke cewe ato cowo, selain karna saya gak suka pink juga supaya gampang aja pas ngasih-ngasihin goodie bagnya nanti. Andai gedung Proyek Asemka udah buka, saya mau beli buku mewarnai yang pasti masih bisa sesuai budget, tapi karna hari itu pas banget hari sabtu setelah lebaran, gedungnya pun belom buka. Jadi ya gak jadi beli tambahan lain. Isi goodie bag saya beli di hypermart ajah, isinya juga ga banyak karna saya mau meminimalisir MSG, dan lagi kan anak-anak bakal bawa pulang pie buah n cheese ball, jadi saya cuma tambahin balon biar kemasan goodie bagnya tambah cantik dan keliatan lebih penuh. Jadi emak-emak mah gitu, banyak banget akal-akalannya :p
  7. Dokumentasi: ini yang bikin sedih, tadinya mau minta hubby pegang camera n dokumentasiin acara, karna kan pasti saya repot banget ngurus perintilan. Tapi ternyata di hari perayaannya, hubby ada kerjaan penting yang ga bisa ditinggal. Err… Jadinya minta tolong nyokap n saya juga foto-foto sebisanya aja.

Di hari perayaannya, Ditmar saya temenin di dalem kelas dari awal sampe akhir. Biar Ditmar gak pake nangis n jadi bad mood aja, sih. Jadilah saya kembali ngerepotin nyokap buat mindahin barang n ngurus konsumsi buat para ortu murid yang nunggu n makan siang guru n staff Erlass. Ditmar emang dateg jam stengah 10 di hari itu, jadi dia gak sempet ikut beberapa sesi pelajaran, trus karna di undangan ultahnya mulai jam stengah 11, jadi masih ada waktu buat liat behaviour Ditmar di kelas. Ternyata kalo saya temenin, Ditmar makin menjadi-jadi ngusilin temen-temennya, cuma supaya saya manggil dia n ngajak ngomong dia aja. Kasian ya, kesannya dia jadi cari perhatian. Apa karna saya seringan ngasih gadget kalo saya repot di rumah ya.. Aduh jadi mellow..

Yak, balik ke acara ultah Ditmar. Jam stengan 11 akhirnya anak-anak kelas Rambutan (Playgroup) dikondisikan sedemikian rupa sama guru-guru supaya mau duduk di kursi undangan ultah, dan Ditmar duduk di kursi yang ultah. Oh iya, kayak yang tadi saya udah bilang, kalo Ditmar ketinggalan beberapa sesi belajar, itu termasuk sesi makan snack pagi, jadi pas kue ultah dikeluarin, anaknya langsung ga bisa mengalihkan pandangan dari kue ultahnya. Sempet melet-melet juga nahan liur kayaknya. Hihihihi… Trus dari semua susunan acara, yang bikin saya terharu adalah Ditmar mau diminta nyanyi lagu Bintang Kecil dan Pelangi-Pelangi di depan kelas, dan pronounciation tiap katanya walau blom smuanya bener, tapi masih bisa dimengerti. Rasanya mau nangis bahagia, tapi dijamin Ditmarnya bakal nangis kalo liat saya nangis juga. Jadi ya udah, saya tahan-tahan aja sambil nyengir-nyengir aneh :p Anak-anak kelas Rambutan juga ikut nyumbangin suara mereka buat Ditmar, sayang videonya error ga bisa diputer. Emang harus ganti HP ini namanya.

Setelah rangkaian acara selesai, temen-temen sekelas Ditmar baris sambil bawa tas siap-siap mau pulang, sambil dikasihin goodie bag satu-satu, mereka juga ngasih j=kado buat Ditmar. Disitu saya langsung kaget. Loh, saya gak nyiapin kado apa-apa buat Ditmar! Ya ampuuuunnn.. Koq bisa lupa giniii… Pasti gara-gara udah kesita duluan ni pikiran buat arrange acara ultahnya. Poor Ditmar, nanti ya mama beliin kado kalo udah gajian.. :p

Alhamdulillah acara berjalan lancar, Ditmar senang, temen-temennya juga senang, guru-guru dan staff di Erlass juga sangat membantu, dan yang paling penting doa-doa baik yang dikirim untuk Ditmar bisa mengiringi perkembangan Ditmar sampai ketemu hari lahirnya di tahun-tahun berikutnya. Tetap jadi anak manis mama ya, Nak.. Selamat ulang tahun.. :-*

So here are the photos:

Iyak, anaknya ngiler mau makan kue..

Iyak, anaknya ngiler mau makan kue..

Birthday Cake.. nom nom nom...

Birthday Cake.. nom nom nom…

Murid Kelas Rambutan Erlass yang manis-maniiiisss....

Murid Kelas Rambutan Erlass yang manis-maniiiisss….

Undangan dan thank you note.

Undangan dan thank you note.

Penampakan goodie bag dan isinya.

Penampakan goodie bag dan isinya.

Goodie bag siap dikasih ke temen-temen.

Goodie bag siap dikasih ke temen-temen.

Kado dari temen-temen.. Makasih semuanyaaa... ^^

Kado dari temen-temen.. Makasih semuanyaaa… ^^

Kado setelah dibuka.. Senangnyaaa...

Kado setelah dibuka.. Senangnyaaa…

10 thoughts on “Happy Birthday, Ditmar!

  1. Happy belated birthday, Ditmaaar! Semoga terus jadi inspirasi mama untuk nulis blog yang lucu-lucu sebagai ganti tante dan Gembira Society sebagai sumber inspirasi jaman kuliah dulu… Krik2***

  2. Hi mba, salam kenal ya, dan selamat ulang tahun untuk Ditmar.
    Sorry aku tiba2 nyelonong message, Aku baca post mba di forum femaledaily tentang klinik tumbuh kembang.
    Aku mau tanya anakku sampe sekarang, umur 3 tahun 3 bulan masih blom bisa ngomong banyak dan emosinya naik turun, juga kalo ketemu orang pun takut.
    Pengen tau dulunya Ditmar diajak ke dokter tumbang atau ke psikolog dulu ya.
    Thanks a lot sebelumnya

    • Hai juga Mba Nana..
      Ditmar juga pas umur segitu masih suka tantrum koq, mba. Malah sampe sekarang juga masih sering ngambek, cuma sekarang kalo dibilang jangan mukul dia ngerti, jadi udah lumayan terkontrol, deh.
      Dulu Ditmar dibawa langsung ke dokter, mba. Baru pas mau 4 tahun aja Ditmar dibawa ke psikolog buat nyari pandangan alternatif di samping penilaian medis, ya.. Setelah dibawa ke dokter dan psikolog, jadinya saya sih malah agak lebih bingung, ya.. Soalnya jadi malah kebanyakan pendapat. Padahal kalo suami saya bilang, intinya cuma Ditmar musti lanjut terapi sensory integrasi dan banyak-banyak dibawa main ke luar rumah..
      Kalo mau lanjut ngobrol banyak, email saya aja ke meyrina.matondang@gmail.com, mba.. Nanti kita lanjut disana 🙂

Leave a Reply

