Hola, Amigos!

Hai, semuanyaaaaaa!!!

Setelah seribu purnama saya menghilang dari peredaran, sekarang akhirnya sempet juga buat posting cerita di WP. Bukannya sok sibuk, tapi emang lagi seringan streaming video clip boyband Korea sibuk-sibuknya di kantor. Karena setelah tengah tahun, kegiatan di kantor udah mulai padet dan nyita perhatian banget, jadi kalo mau nulis pun palingan cuma soal kerjaan. Kan gak asik, kesannya serius (padahal mah kerjanya juga banyakan haha-hihi nya.. :p).

Jadi apa gerangan yang sudah terjadi belakangan? Ya selain kerjaan yang menggila?

Saya jatuh cinta lagi. Iyaaa.. saya jatuh cinta sama boyband Korea bernama EXO. Gara-garanya pas terbang ke Manado, saya milih nonton film Exo Next Door di pesawat dan jadi kesengsem sama satu anak piyik dari boyband itu. Akhirnya dari situ mulai buka-buka file-file lama di laptop soal Korea dan lama-lama jadi nyari-nyari soal si anak Korea kelahiran 1992 itu di internet. Gaaaaaah!!! Udah berasa jadi ABG lagi, lah! Ahahahah.. Gak apa-apa lah, ya. Biar tetep awet muda. Intinya sih, gara-gara EXO saya jadi mulai up date lagi soal K-Pop, dan yang paling kena sasaran sebenernya bukan saya, tapi Ditmar. Bahkan kalo saya nyuruh Ditmar dan anaknya gak mau, bisa loh dia jawab dengan kata: “Aniya.” which means “No” di bahasa Korea. Cakeeeep…

Soal Ditmar:

Ditmar putus sekolah, Sodara-sodara. Iyak, beneran. Anak semata wayang saya udah gak mau lagi berangkat sekolah. Alesannya gak ada yang tau, tapi kemungkinan karena dia bosen. Since sekarang Ditmar udah bisa baca, jadi mungkin materi pengenalan huruf dan angka di sekolah malah jadi bikin dia males. Sempet beberapa kali dipaksa berangkat, tapi anaknya malah ngambek, ngamuk sampe nangis dan sempet cakar-cakaran juga. Jadi daripada dianya trauma sama lembaga “Sekolah”, ya kita vacuum aja deh kegiatan belajarnya setahun ini. Gantinya, sekarang dia dilatih buat nulis dan gambar aja di tempat les deket rumah, soalnya Ditmar masih suka gak mau nulis ato mewarnai.

Soal tumbuh kembangnya? Karna sekarang juga udah gak sekolah, jadi saya sama suami daftarin Ditmar buat terapi sensori integrasi lagi. Supaya perkembangan motorik kasar dan halusnya tetep dilatih walau gak sekolah. So far, dia lebih seneng les dan terapi daripada main di sekolah. Mungkin karena waktu belajarnya juga cuma satu jam aja kali, ya. Mungkin dia nurunin emaknya yang emang gak kuat duduk diem di dalem kelas dan ngikutin pelajaran dengan konsentrasi tinggi. Tapi emaknya tetep pinter, koq.. Eh, loh? Maaf narsis.. :p

Soal Hubby:

Hubby juga lagi repot-repotnya sama kerjaannya. Saya sih sebagai istri yang solehah baik cuma bisa jadi pendengar yang baik. Gak bisa ngasih masukan apapun semata-mata karena saya gak ngerti sama sekali soal IT. Sorry, Hub :D. Oh iya, satu sih yang jadi concern saya sama Hubby belakangan: Doi beli sepatu melulu. Like literally buying shoes almost twice a month.  Walo sempet sih Hubby beliin sepatu buat saya, kayaknya sih supaya saya gak misuh-misuh, tapi kan tetep ajah saya gerah (gerah minta beliin lagi sih sebenernya). Tapi serius deh, habit belanjanya sekarang jadi luar biasa.

Well, paling itu-itu aja sih yang terjadi belakangan. Ada sih cerita lain, tapi nanti-nanti deh saya bikin post sendiri. Tapi semoga dari postingan ini, saya beneran bakal nulis lebih banyak dan rajin lagi. Amiiiiiiiin…

Advertisements

Among Putro Skyworld Indonesia

Sabtu 5 Desember 2015 kemarin saya n hubby ngajak Ditmar ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Rencana cuma mau ke Museum Air Tawar dan Taman Burung, tapi pas masuk pintu masuk TMII, kami liat spanduk “Skyworld Indonesia – Digital Planetarium. 300 Meter”. Wah, langsung tertarik lah kita kesana, since blom berhasil ke Planetarium ngajak Ditmar.

Sampe disana langsung disambut taman yang luaaaas bener, ada air mancurnya dan udah ada foodcourt yang buka juga disana. Tapi karna sebelum masuk TMII kita udah makan, jadi ga nyicip disini. Sebagian bangunannya masih dalam pembangunan, katanya sih selesai dan siap buka bulan April taun depan. Among Putro Skyworld ini ada di bawah, jadi musti turun tangga dulu. Harga tiket masuknya Rp. 40.000,-, jauh lebih mahal daripada museum lain di TMII, tapi saya berharap dengan harga segitu worth it, ya.. Oh ya, Ditmar ga diitung, yaa.. Entah kenapa, padahal kan Ditmar udah 4 tahun.

Pas masuk, ada 3 pintu buat pengunjung. Pintu sebelah kiri ke photo booth dan children playground. Sebenernya kita diajak masuk ke ruang proyektor mini planetariumnya, tapi berhubung anak kicik gak mau masuk karna gelap, jadi saya gantian sama hubby, saya nemenin Ditmar ke children playground dulu baru nanti kalo hubby udah klar nonton gantian dia kesini. Sebelum ke children playground, kita ngelewatin photo booth, disediain macem-macem background dan baju astronot juga! Ukurannya ya kecil, karna kayaknya mereka bidik pasar anak sekolah, ya.

Jpeg

Sebagian photo booth di Among Putro Skyworld. Masih ada sekitar 4 background lain.

Children playgroundnya gede, dihias mural observatorium Boscha dan pemandangan langit malam, ada gantungan sistem tata surya dan astronot di langit-langitnya. Kalo mainannya standar lah. Perosotan, bola-bola dan ring basket mini buat anak-anak. Tapi karna itu ruangan tertutup dan agak gelap, jadi pas saya ambil keranjang bola di pojokan, langsung keluar beberapa ekor nyamuk. Harusnya sih ada sinar mataharinya biar lebih nyaman, ya. Tapi overall, Ditmar seneng sih main disini. Kebetulan juga banyak anak yang main di waktu yang bersamaan.

Jpeg

Suasana children playground. Oh, lupa bilang.. Ada lego yang bertebaran di pojokan dan nyaris gak keliatan karna sama-sama warna-warni kayak karpetnya, kalo gak hati-hati bisa keinjek. Gak enak bener kan nginjek lego..

Setelah hubby klar nonton di mini planetariumnya, gantian saya yang masuk. Setelah kuota penonton terpenuhi, film di mulai. Btw, mini planetariumnya berbentuk lingkaran diameter kurang lebih 5 meter, karna gak dikasih kursi, jadi penonton lesehan atau bisa tiduran. Saya sendiri gak ikut tiduran karna takut aja tiduran di karpet yang gak tau kapan terakhir kali diganti dan gak tau juga model kaki apa yang pernah injek karpet itu. Bukan sok bersih, tapi saya emang banyak takutnya, sih. Film yang diputer macem-macem, di awal disuguhi proyeksi bintang secara real time, jadi kalo kami masuk agak sorean, galaksi andromeda udah bisa diliat, tapi karna itu masih siang jadi gak bisa. Naratornya anak ITB, jelas karna Among Putro Skyworld ini kerjasama dengan ITB juga. Pertunjukan utamanya adalah soal proyek google yang bikin kompetisi buat anak-anak yang bisa bikin robot di bulan. Saya udah pernah liat liputannya di BBC, jadi saya akhirnya keluar. Cukup lah liat rasi bintangnya aja. Yang penting udah nyicipin mini planetariumnya.

Jpeg

Gambar dari film soal angkasa luar di mini planetarium Among Putro Skyworld.

Abis dari nonton n main di children playground dan skip foto-foto di photo booth (emang gak hobby selfie ni keluarga), kami diajak ke museumnya. Museumnya standar lah, masuk ada ruang audio visualnya soal pembentukan bumi, karna Ditmarnya bosen, kita lanjut masuk ke ruang pamerannya. Di ruang pamer ada panel-panel cerita soal perkembangan ilmu astronomi dari jaman purba sampe sekarang. Ada juga soal ilmuwan yang bergerak dalam bidang astronomi dan ada macem-macem roket dari yang keciiiil sampe yang setinggi 3 meter. Ada juga TV-TV yang muter beberapa film soal tata surya. Sayangnya pemasangan TV terlalu dekat, jadi suara dari satu film tabrakan sama film yang lain. Di dalem museumnya udah ada guide yang siap ditanya-tanya. Kebetulan saya dipandu sama Pak Djuhana, alumni ITB taun 1975 yang mendirikan Himpunan Astronom Amatir Jakarta, dan doi bisa bahasa Belanda, yang ada saya sama dia ngomongin sejarah Batavia jaman dulu. Ahahahah.. Pesennya Pak Djuhana sih, masa depan ada di tangan Ditmar, jadi sering-sering bawa Ditmar ke museum dan kasih pelajaran yang seluas-luasnya soal apapun terutama agama. Inshaa Alloh amiiiin…

Jpeg

Anaknya genggeus banget pengen pipis pas di museumnya. Hohohoho…

Akhirnya setelah kurang lebih 1 setengah jam, kami sampe di akhir pameran. I give 7/10 for this recreational place. Karna emang bangunan Among Putro Skyworld yang sekarang bisa dikunjungi ini masih semi permanen, makanya masih banyak kurangnya. Kalo dari brosur dan cerita guide, kalo bangunan utamanya selesai di April 2016, kayaknya bakalan JAUH lebih baik dan atraktif. Guide dan pelayanannya luar biasa, gak maen-maen deh mandu pengunjungnya, sebagai mantan guide saya seneng banget dipandu orang-orang seperti mereka. Yah, dengan harga 40 ribu, wahana ini lumayan lah buat rekreasi. Tapi nanti kalo udah jadi full, saya baru akan balik lagi kesini.

Jpeg

Salam dari astronot masa depan.. 🙂

Bedtime Stories

Sebenernya udah pengen ngomongin soal buku dan kebiasaan membaca Ditmar dari dulu, tapi gak jadi terus. Baru keingetan setelah buka femaledaily.com dan nyasar di forum buku favorit anak. Jadi sekarang aja lah saya tulis.

Waktu awal saya hamil Ditmar, saya males beraktivitas. Baca buku juga males, pengennya tidur ato nonton TV sambil tiduran terus. Tapi masuk ke trimester kedua, saya nemu artikel soal membentuk anak pintar sejak dari kandungan, dan salah satunya adalah si ibu harus sering-sering ngelatih otaknya. Since gak mungkin ngelatih otak dengan ngerjain soal matematika (serius, soal itung-itungan yang saya kuasai cuma ngejumlahin dan ngurangin duit doang. Asli.), jadi saya memutuskan buat baca buku aja banyak-banyak. Dimulai dengan buku-buku fiksi yang udah dibeli dan teronggok di rak buku. Masuk ke trimester ketiga, kualitas bukunya meningkat jadi buku soal arkeologi dan museologi. Ya ini sih karna saya dikejar deadline tesis, makanya bacaannya gak bisa macem-macem.

Beberapa minggu sebelum brojol, saya udah membekali calon bayi saya dengan soft book. Biar nanti udah ada bahan buat bacaan sebelum tidur, lah. Setelah brojol, sebulan sekali saya belanja buku buat Ditmar. Tapi kebiasaan beliin buku anak terhenti di tahun kedua. Pasalnya, Ditmar gak suka gonta-ganti buku bacaan. Ada semusim saya cuma bacain buku flip the flap, buku berjendela yang bisa dibuka-buka di tiap halamannya. Trus musim berikutnya buku Winnie The Pooh yang itu-itu aja, bahkan sampe sampulnya robek dan halamannya keriting. Nah, musim berikutnya adalah buku Pop Up, yang gambarnya nongol kalo halamannya dibalik. Jadi sayang kalo harus beli buku banyak-banyak lagi sekarang. Wong buku cerita yang lain aja jadi nganggur.

Karna Ditmar belom bisa baca, jadi pasti saya yang bacain buku. Masalahnya adalah, gaya bercerita saya ternyata malah bikin Ditmar excited dan malah gak ngantuk. Yang ada malah tiap saya ganti tone waktu ganti karakter dongeng, Ditmar ketawa sampe guling-gulingan. Ya kayak gini sih gimana bisa jadi bacaan pengantar tidur? Ada juga saya yang jadi ngantuk gara-gara ceritanya itu-itu aja. Alhamdulillahnya, Ditmar suka juga minta bacain buku di siang bolong atau di jam main, jadi paling gak habit membacanya udah mulai terbentuk.

Kebiasaan lain Ditmar adalah, kalo ngantuk dia minta gendong. Ya kalo sekarang mah bisa encok pegel linu ngangkat-ngangkat anak 15 kilo keliling rumah supaya mau tidur. Jadi saya bujuk buat baca buku aja. Nah, supaya gak bikin Ditmar malah seger gara-gara ketawa, jadi saya akalin aja dengan membaca buku dengan tone papanya. DATAR. Bener-bener gak ada variasi nada dan ekspresi muka, gak ada juga pake nunjuk-nunjuk gambar dan tanya jawab soal cerita. Dan hasilnya? Belom sampe 5 menit, udah pules anaknya.

Tau gitu sih mending dari dulu kalo mau tidur, papanya aja yang bacain buku, ya?